Kita semua hidup di alam 3 dimensi; dimensi ruang, gerak dan waktu ... yang membuat kita nyata dan eksis di alam ciptaan Tuhan ini. Sebagaimana dimensi alam, manusia juga punya dimensi berpikir, berujar dan bertindak. Bila satu dimensi berkurang, kita seperti televisi yang hanya punya tampilan gerak dan suara tetapi tidak nyata ..... Mari berusaha mengharmonisasi ketiga dimensi ini supaya kita nyata dan berguna, seperti kehendak-Nya menciptakan kita.

Blogspot Kumpulan Artikel dan Pengajaran Kristen dalam Lingkungan GPIB

Tuesday, November 2, 2010

Wahyu 4:4-6


4:4 Dan sekeliling takhta itu ada dua puluh empat takhta, dan di takhta-takhta itu duduk dua puluh empat tua-tua, yang memakai pakaian putih dan mahkota emas di kepala mereka.
4:5 Dan dari takhta itu keluar kilat dan bunyi guruh yang menderu, dan tujuh obor menyala-nyala di hadapan takhta itu: itulah ketujuh Roh Allah.
4:6 Dan di hadapan takhta itu ada lautan kaca bagaikan kristal; di tengah-tengah takhta itu dan di sekelilingnya ada empat makhluk penuh dengan mata, di sebelah muka dan di sebelah belakang.

5 Penglihatan

a. Sebuah takhta di sorga, dan di takhta itu duduk seorang

Yehezkiel
1:26 Di atas cakrawala yang ada di atas kepala mereka ada menyerupai takhta yang kelihatannya seperti permata lazurit; dan di atas yang menyerupai takhta itu ada yang kelihatan seperti rupa manusia.
1:27 Dari yang menyerupai pinggangnya sampai ke atas aku lihat seperti suasa mengkilat dan seperti api yang ditudungi sekelilingnya; dan dari yang menyerupai pinggangnya sampai ke bawah aku lihat seperti api yang dikelilingi sinar.
1:28 Seperti busur pelangi, yang terlihat pada musim hujan di awan-awan, demikianlah kelihatan sinar yang mengelilinginya. Begitulah kelihatan gambar kemuliaan TUHAN. Tatkala aku melihatnya aku sembah sujud, lalu kudengar suara Dia yang berfirman.

Warna warni yg luar biasa. - paparkan tentang warna.

Kejadian

9:12 Dan Allah berfirman: "Inilah tanda perjanjian yang Kuadakan antara Aku dan kamu serta segala makhluk yang hidup, yang bersama-sama dengan kamu, turun-temurun, untuk selama-lamanya:9:13 Busur-Ku Kutaruh di awan, supaya itu menjadi tanda perjanjian antara Aku dan bumi.

perhatikan perjanjian apa itu

Kej 9:11 Maka Kuadakan perjanjian-Ku dengan kamu, bahwa sejak ini tidak ada yang hidup yang akan dilenyapkan oleh air bah lagi, dan tidak akan ada lagi air bah untuk memusnahkan bumi."

Maz
29:10 TUHAN bersemayam di atas air bah, TUHAN bersemayam sebagai Raja untuk selama-lamanya.

Allah berkuasa atas air bah, Pelangi sebagai perjanjian. Allah adalah Allah yang berkuasa.

Kel 28:17 Haruslah kautatah itu dengan permata tatahan, empat jajar permata: permata yaspis merah, krisolit, malakit, itulah jajar yang pertama;
28:18 jajar yang kedua: permata batu darah, lazurit, yaspis hijau;
28:19 jajar yang ketiga: permata ambar, akik, kecubung,
28:20 jajar yang keempat: permata pirus, krisopras dan nefrit. Dengan berikatkan emas, demikianlah permata-permata itu dalam tatahannya

yaspis merah itu sardis (berwarna merah)
nefrit itu Yaspis (hijau)

Warna menunjukkan kebesaran Allah.

b. 24 takhta

24 tua-tua memakai pakaian putih: kesucian, kebenaran Kristus - mahkota emas: kemenangan

ada beberapa pendapat
a. 24 malaikat. istilah tua-tua dalam alkitab biasanya hanya diberikan pada manusia, bukan malaikat.
b. 24 gereja yg dibangitkan dan diangkat.
c. 24 mewakili israel dan gereja 12 suku + 12 murid - wahyu 21
d. 24 imam israel (1 tawarikh 24)

Tetapi yg jelas ada struktur yang teratur rapi dalam pemerintahan Allah.

c. Dan dari takhta itu keluar kilat dan bunyi guruh yang menderu, dan tujuh obor menyala-nyala di hadapan takhta itu: itulah ketujuh Roh Allah.

Kilat dan Guntur:
Dalam alkitab: kekuasaan Tuhan.

Wahyu
8:5 Lalu malaikat itu mengambil pedupaan itu, mengisinya dengan api dari mezbah, dan melemparkannya ke bumi. Maka meledaklah bunyi guruh, disertai halilintar dan gempa bumi
11:19 Maka terbukalah Bait Suci Allah yang di sorga, dan kelihatanlah tabut perjanjian-Nya di dalam Bait Suci itu dan terjadilah kilat dan deru guruh dan gempa bumi dan hujan es lebat
16:18 Maka memancarlah kilat dan menderulah bunyi guruh, dan terjadilah gempa bumi yang dahsyat seperti belum pernah terjadi sejak manusia ada di atas bumi. Begitu hebatnya gempa bumi itu

Ini mengingatkan kita akan kekuasaan dan penghakiman Tuhan. bahwa Tuhan yang kita kenal penuh Kasih dan pengampunan serta pengertian, punya kekuatan penghakiman yang dahsyat.

7 Roh Allah

Yesaya 11:1 Suatu tunas akan keluar dari tunggul Isai, dan taruk yang akan tumbuh dari pangkalnya akan berbuah. 11:2 Roh TUHAN akan ada padanya, roh hikmat dan pengertian, roh nasihat dan keperkasaan, roh pengenalan dan takut akan TUHAN; 11:3 ya, kesenangannya ialah takut akan TUHAN. Ia tidak akan menghakimi dengan sekilas pandang saja atau menjatuhkan keputusan menurut kata orang.

Roh TUHAN
1. Roh Hikmat
2. Roh Pengertian
3. Roh nasihat
4. Roh Keperkasaan
5. Roh pengenalan
6. Roh Takut akan TUHAN
7. Roh Kesalehan/ketaatan (Yes 11:3a)

sifat: PENOLONG, PENDORONG, PENGHIBUR, PEMBELA, PENASIHAT, PENDOA(SYAFAAT) DAN PEMBERI KEKUATAN.

Ingat, keselamatan kita berasal dari takhta yang dahsyat itu. Roh allah yang ada pada kita, itu dari takhta yang penuh warna-warni, dikelilingi pelangi, dari kilat dan guntur

d. Dan di hadapan takhta itu ada lautan kaca bagaikan kristal

Kebeningan .... tdk ada yg tersembunyi ... semuanya kelihatan. Tak ada yg tersembunyi.
Manusia bisa bohong, menipu, menyembunyikan kebenaran, memanipulasi, bersembunyi dalam bungkus kebaikan bahkan pelayanan, .... tetapi tidak di hadapan Tuhan.

e. di tengah-tengah takhta itu dan di sekelilingnya ada empat makhluk penuh dengan mata, di sebelah muka dan di sebelah belakang.

Kerub (tunggal) kerubim (jamak) = makhluk illahi

Yehezkiel
10:9-10 Aku melihat juga bahwa kerub-kerub itu masing-masing mempunyai sebuah roda di sampingnya. Keempat roda itu serupa, dan berkilauan seperti permata indah. Masing-masing mempunyai satu roda lainnya yang melintang di tengah-tengahnya. 10:11 Dengan demikian kerub-kerub itu dapat menuju ke empat jurusan. Mereka dapat pergi ke mana saja mereka suka, tanpa memutar tubuhnya. 10:12 Seluruh tubuh mereka, punggungnya, tangannya, sayapnya dan roda-roda pun penuh dengan mata. 10:13 Aku dengar bahwa roda-roda itu disebut "puting beliung". 10:14 Setiap kerub itu mempunyai empat wajah yang berlainan. Wajah yang pertama ialah wajah banteng, yang kedua wajah manusia, yang ketiga wajah singa, dan yang keempat wajah rajawali.

Kejadian 3:24 Ia menghalau manusia itu dan di sebelah timur taman Eden ditempatkan-Nyalah beberapa kerub dengan pedang yang bernyala-nyala dan menyambar-nyambar, untuk menjaga jalan ke pohon kehidupan.

Keluaran 25:18 Dan haruslah kaubuat dua kerub dari emas, kaubuatlah itu dari emas tempaan, pada kedua ujung tutup pendamaian itu. 25:19 Buatlah satu kerub pada ujung sebelah sini dan satu kerub pada ujung sebelah sana; seiras dengan tutup pendamaian itu kamu buatlah kerub itu di atas kedua ujungnya. 25:20 Kerub-kerub itu harus mengembangkan kedua sayapnya ke atas, sedang sayap-sayapnya menudungi tutup pendamaian itu dan mukanya menghadap kepada masing-masing; kepada tutup pendamaian itulah harus menghadap muka kerub-kerub itu

Peringatan:
Membangun dan menjaga kekudusan supaya kita bisa masuk ke dalam kerajaan surga yg kudus di hadapan takhta Allah. Kekudusan kita pribadi, kekudusan suami, istri, anak, keluarga dan jemaat.

Bagaimana menjaga kekudusan dan menjadi Pribadi, Keluarga & Jemaat yang sehat ?

Ketaatan akan Firman Allah

Dikarenakan Allah yang membentuk dan membangun Gereja/Jemaat, oleh dan di dalam karya Kristus-Yesus, maka seluruh perkataan dan perbuatan-Nya wajib dipatuhi dan dilaksanakan oleh semua anggota Gereja/Jemaat. Tidak seorangpun diperbolehkan melanggarnya. Seluruh perbuatan dan perkataan Kristus-Yesus itu diwariskan kepada Gereja/Jemaat oleh para penulis Alkitab. Semua anggota Gereja/Jemaat diwajibkan membaca Alkitab, agar mengetahui dan mengerti tujuan hidup yang direncanakan Allah. Oleh karena itu, Alkitab menjadi satu-satunya catatan yang sah dan resmi dan dipakai oleh Gereja/Jemaat untuk membina, mendidik dan mengajar, membimbing dan menggembalakan setiap anggota keluarga Allah.

Ia, Alkitab, menjadi satu-satunya sumber pengetahuan dan hikmat yang diberikan Allah kepada semua anggota. Ia wajib dihormati, jika siapapun ingin memperoleh pengenalan akan Kristus-Yesus selaku Tuhan dan Juruselamat. Ia menjadi sumber inspirasi bagi tulisan-tulisan yang mengarahkan tiap anggota untuk berpikir dan
bertindak sesuai kehendak Allah. Ia menjadi sumber nilai-nilai etis moral, sekaligus menjadi sumber hukum Gereja serta semua bentuk peraturan di dalam Jemaat.

Dan, apabila peraturan-peraturan Gereja/Jemaat tidak sesuai kesaksiannya, maka atas dan demi nama Allah, Gereja/Jemaat wajib melakukan pentafsiran dan perumusan ulang kebenaran yang bersifat alkitabiah, kemudian melakukan reformasi di bidang konsitusi (Hukum Gereja) dan institusi (fungsi sistem Pelayanan – Kesaksian – Persekutuan).

Ketaatan kepada Firman Allah yang menjadi inti kesaksian Alkitab merupakan keharusan mutlak dan kewajiban seluruh anggota keluarga Allah.

Kesimpulan Terapan Wahyu 4

1. Pengangkatan
2. Penghakiman
3. Penghormatan dan Kemuliaan bagi Kristus

I. PENGANGKATAN Wahyu 4:1

Janji Kristus: Yoh 14:1 "Janganlah gelisah hatimu; percayalah kepada Allah, percayalah juga kepada-Ku. 14:2 Di rumah Bapa-Ku banyak tempat tinggal. Jika tidak demikian, tentu Aku mengatakannya kepadamu. Sebab Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu. 14:3 Dan apabila Aku telah pergi ke situ dan telah menyediakan tempat bagimu, Aku akan datang kembali dan membawa kamu ke tempat-Ku, supaya di tempat di mana Aku berada, kamu pun berada.

Ia akan kembali, dan membawa jemaat-Nya ke Rumah Bapa/Kerajaan Surga. kapan? akan datang segera .....

1 Tes 5:2 karena kamu sendiri tahu benar-benar, bahwa hari Tuhan datang seperti pencuri pada malam.
1 Kor 15:52 dalam sekejap mata, pada waktu bunyi nafiri yang terakhir. Sebab nafiri akan berbunyi dan orang-orang mati akan dibangkitkan dalam keadaan yang tidak dapat binasa dan kita semua akan diubah.
1 Tes 4:16 Sebab pada waktu tanda diberi, yaitu pada waktu penghulu malaikat berseru dan sangkakala Allah berbunyi, maka Tuhan sendiri akan turun dari sorga dan mereka yang mati dalam Kristus akan lebih dahulu bangkit; 4:17 sesudah itu, kita yang hidup, yang masih tinggal, akan diangkat bersama-sama dengan mereka dalam awan menyongsong Tuhan di angkasa. Demikianlah kita akan selama-lamanya bersama-sama dengan Tuhan.

II. PENGHAKIMAN Wahyu 4:3-4

Roma 14:10 Tetapi engkau, mengapakah engkau menghakimi saudaramu? Atau mengapakah engkau menghina saudaramu? Sebab kita semua harus menghadap takhta pengadilan Allah.
14:11 Karena ada tertulis: "Demi Aku hidup, demikianlah firman Tuhan, semua orang akan bertekuk lutut di hadapan-Ku dan semua orang akan memuliakan Allah."
14:12 Demikianlah setiap orang di antara kita akan memberi pertanggungan jawab tentang dirinya sendiri kepada Allah.

2 Kor 5:10 Sebab kita semua harus menghadap takhta pengadilan Kristus, supaya setiap orang memperoleh apa yang patut diterimanya, sesuai dengan yang dilakukannya dalam hidupnya ini, baik ataupun jahat.

Penghakiman terjadi setelah Pengangkatan. Seluruh manusia

1 Korintus 3:11 Karena tidak ada seorang pun yang dapat meletakkan dasar lain dari pada dasar yang telah diletakkan, yaitu Yesus Kristus. 3:12 Entahkah orang membangun di atas dasar ini dengan emas, perak, batu permata, kayu, rumput kering atau jerami, 3:13 sekali kelak pekerjaan masing-masing orang akan nampak. Karena hari Tuhan akan menyatakannya, sebab ia akan nampak dengan api dan bagaimana pekerjaan masing-masing orang akan diuji oleh api itu. 3:14 Jika pekerjaan yang dibangun seseorang tahan uji, ia akan mendapat upah. 3:15 Jika pekerjaannya terbakar, ia akan menderita kerugian, tetapi ia sendiri akan diselamatkan, tetapi seperti dari dalam api.

Motif? Apa yang diperbuat dan Mengapa? Apakah untuk Kristus? atau untuk "aku"?

Lukas 8:17 Sebab tidak ada sesuatu yang tersembunyi yang tidak akan dinyatakan, dan tidak ada sesuatu yang rahasia yang tidak akan diketahui dan diumumkan.

2 Tim 4:8 Sekarang telah tersedia bagiku mahkota kebenaran yang akan dikaruniakan kepadaku oleh Tuhan, Hakim yang adil, pada hari-Nya; tetapi bukan hanya kepadaku, melainkan juga kepada semua orang yang merindukan kedatangan-Nya.

1 Petrus 1:4 untuk menerima suatu bagian yang tidak dapat binasa, yang tidak dapat cemar dan yang tidak dapat layu, yang tersimpan di sorga bagi kamu.

III. Penghormatan dan Kemuliaan bagi Kristus Wahyu 4:8-11

Mengembalikan segala kemuliaan dan mahkota itu kepada Kristus Yesus ....

Wahyu 4:10 maka tersungkurlah kedua puluh empat tua-tua itu di hadapan Dia yang duduk di atas takhta itu, dan mereka menyembah Dia yang hidup sampai selama-lamanya. Dan mereka melemparkan mahkotanya di hadapan takhta itu, sambil berkata: 4:11 "Ya Tuhan dan Allah kami, Engkau layak menerima puji-pujian dan hormat dan kuasa; sebab Engkau telah menciptakan segala sesuatu; dan oleh karena kehendak-Mu semuanya itu ada dan diciptakan."

ITT – 03 November 2010 PF K3 SP3B di Kel.Hattu