Kita semua hidup di alam 3 dimensi; dimensi ruang, gerak dan waktu ... yang membuat kita nyata dan eksis di alam ciptaan Tuhan ini. Sebagaimana dimensi alam, manusia juga punya dimensi berpikir, berujar dan bertindak. Bila satu dimensi berkurang, kita seperti televisi yang hanya punya tampilan gerak dan suara tetapi tidak nyata ..... Mari berusaha mengharmonisasi ketiga dimensi ini supaya kita nyata dan berguna, seperti kehendak-Nya menciptakan kita.

Blogspot Kumpulan Artikel dan Pengajaran Kristen dalam Lingkungan GPIB

Friday, July 27, 2007

7 & 70


Alkisah ada seorang anak yang dikaruniai Tuhan kuasa untuk menyembuhkan orang sakit. Dari berbagai daerah yang jauh berdatangan banyak orang yang ingin sembuh atau yang sekedar ingin membuktikan cerita ajaib ini. Salah seorang pejabat pentingpun juga hadir di tempat itu, dan ketika bertemu langsung bertanya kepada anak itu; "Nak, apa yang menjadi rahasia hidup sehat dan bahagia?" Jawab anak itu; "Takutlah akan Tuhan, Jangan melakukan kejahatan. Senantiasalah berbuat kebajikan."

Pejabat itu merasa keki karena begitu jauh ia terbang ke tempat anak ini cuma untuk mendengar hal yang ia sudah tahu, lalu dengan menggerutu ia berkata; "ah kalau itu sih anak umur 7 tahun saja tahu" dengan senyum ceria anak itu menjawab; "Memang pak, anak-anak umur 7 tahun saja tahu itu, tapi orang berumur 70 tahun saja tetap sulit melakukannya!"

11 Juli 2007 yang lalu BPK-PKB GPIB memasuki usianya yang ke-26 tahun, sungguh masih muda di banding BPK-GP yang sudah berusia 57 tahun, tetapi kembali ukuran usia ini bukan menjadi tolok ukur ketika menempatkan BPK-PKB sebagai sesama BPK dengan si GP, PT & PA yang adalah anaknya serta PW sebagai pasangan hidupnya dalam kenyataan pelayanan sehari-hari. Sang Imam PKB ternyata ketinggalan oleh ke-4 BPK lainnya dalam berbagai kegiatan pelayanan dan ibadah.

Alhasil hal "tahu", dan "melakukan" tugas sebagai kepala keluarga dalam konteks keluarga kristen harus selalu di perbaharui dan disegarkan dalam berbagai aktivitas bergereja, baik melalui ibadah, pembinaan maupun pelayanan. Bukan suatu yang luar biasa kalau si Imam ini "harusnya" memang lebih dalam segalanya di banding pasangan dan anak-anaknya di ke-4 BPK lain.

Saya pernah di tanya; "Institusi apa yang terbesar di dunia?" Jawab saya "Gereja!" - kenapa? karena hanya kita saja umat Kristen yang punya institusi sebesar gereja. Bayangkan, dari usia rata-rata 5 tahun kita sudah terlibat dalam bergereja di BPK-PA, lalu meniti ke PT, GP dan bermuara di PW atau PKB, lalu kalau saja ke-5 BPK ini mengenakan suatu sistim pembinaan terpadu yang berkesinambungan, betapa luar biasanya luaran mereka ketika menjadi anggota PW atau PKB.

Kita semua tahu itu, tetapi berat untuk melakukannya. Ketika pelayanan berjalan harus kita akui, kita tersesat di daerah dapur berjalan, aksi masak, paduan suara, wisata rohani dan melalaikan pembinaan, pengajaran dan ibadah yang benar. Kita terlalu sibuk dengan diri dan BPK kita sendiri, sampai lupa campur tangan dalam membina ke-3 BPK yang juga merupakan anak-anak kita. Jadi sebagaimana kehidupan nyata, ..... bapak & ibu terlalu sibuk dengan urusan masing-masing sampai lupa membina anak-anak dalam keluarganya, .... berapa dari anggota PKB dan PW kita yang terlibat langsung dengan membina sekolah minggu? PT dan Pemuda?

Kembali ke cerita di atas: tahu dan melakukan tidak tergantung usia, maka kita harus optimis, bahwa memasuki bertambahnya usia kita dibebankan tanggungjawab yang lebih besar, membawa ke-5 BPK ini sebagai suatu wadah dalam tubuh Kristus yaitu gereja, dengan saling membina dengan penuh tanggungjawab dan kasih sayang sesuai dengan kategori yang ditentukan, sebagai Bapak, Ibu dan anak-anaknya yang Pemuda, Teruna dan Anak-anak. Cerminan suatu keluarga Kristen yang sesungguhnya yang di salin dalam konteks bergereja dan pelayanannya BPK-PKB & BPK-PW, membina BPK-GP, PT dan PA.

Kedewasaan tidak datang seiring bertambahnya umur, Ia datang seiring dengan kesediaan kita menerima tanggung jawab (I Korintus 13:11)

Selamat ulang tahun BPK-PKB dan GP anakku, Kristus Yesus memberkati.

BP BPK-PKB Jemaat Bethania
Ditulis khusus untuk MP3 GPIB Jemaat Bethania Makassar oleh ITT
Jumat, 27 Juli 2007.